Marga Tionghoa : Marga Feng

Standard

Image : Pang Lay Kim / Jusuf Elka Pangestu (1922-1986)

Tionghua.Org | Marga Feng (Mandarin), Pang (Hokkian), Fung (kanton) atau Pung (Hakka) berasal dari marga Ji dan telah ada sejak zaman Dinasti Zhou (abad 11 SM).

Anak ke-15 dari Raja Zhou Wen Wang yang bernama Bi Gong Gao dihadiahkan wilayah Bi, selanjutnya berkuasa di kota Feng (sekarang di kabupaten Ying-yang, propinsi Henan).

Keturunannya kemudian mengambil nama kota sebagai marga mereka dan merupakan leluhur orang bermarga Feng yang pertama.

Masuk ke zaman Musim Semi dan Gugur (abad 8 SM~5 SM), ada seorang bermarga Gui yang menjadi pejabat di negara Zheng. Karena dihadiahkan wilayah Feng (sekarang di kabupaten Ying-yang, propinsi Henan) maka ia mengganti marganya menjadi Feng. Ia kemudian dikenal dengan nama Feng Jian-ze dan keturunannya kemudian bermarga Feng.

FIGUR

Tokoh-tokoh terkenal dari marga ini semisal Feng Meng-long, seorang sastrawan dari dinasti Ming dan Feng Yu-xiang yang merupakan jenderal terkenal dalam perang melawan Jepang dan pernah menjabat sebagai Gubernur Henan di masa republik nasionalis.

Feng Menglong 冯梦龙 (1574-1645) : Seorang sastrawan dari dinasti Ming
Feng Yuxiang 冯玉祥 (1882 -1948): Seorang jendral terkenal dalam perang melawan Jepang dan pernah menjabat sebagai gubernur Henan di masa nasionalis berkuasa.

475 Feng , Pang Lay Kim Jusuf Elka Pangestu
Feng Laijin (1922-1986) – alias Pang Lay Kim alias Yusuf Elka Pangestu , merupakan sosok yang tidak bisa dilepaskan dari dunia ekonomi di Indonesia melalui pemikiran-pemikiran dan tulisannya.Di tahun 2011 , Anak dari Pang Lay Kim , yaitu Mari Elka Pangestu meluncurkan buku “Prinsip-Prinsip Kemajuan Ekonomi” yang merupakan karya Pang Lay Kim . Buku ini berisikan tulisan-tulisan lama Pang Lay Kim diberbagai media massa.
akan terus diupdate seiring bertambahnya artikel.

Budaya-Tionghoa.Net | Tionghua.Org

Leave a Reply

Your email address will not be published.