Marga Tionghoa : Marga Guan

Standard

Tionghua.Org | Marga Guan1 (Mandarin), Kuan (Hokkian), Kwan (Canton) dan Kuan (Hakka) adalah marga yang telah sangat tua umurnya. Menurut catatan sejarah, telah mulai ada sejak akhir Dinasti Xia (abad 18 SM) sehingga telah berumur lebih 3700 tahun.

Marga Guan yang tertua adalah berasal dari keturunan seorang menteri negara di zaman Dinasti Xia akhir. Menteri yang bernama Huan Long Feng yang mengabdi pada Kaisar Jie (kaisar terakhir Dinasti Xia) dibunuh oleh sang kaisar karena menasehatinya untuk menghentikan kelaliman dan ketidakpeduliannya pada pemerintahan negara.

Karena karakter Huan dan Guan bernada sama pada masa itu, maka kemudian sejarah ada mencatat nama menteri tersebut sebagai Guan Long Feng.

475 Guan Moye - Moyan

(Image : Guan Moye)

Keturunan sang menteri kemudian menggunakan Guan sebagai marga mereka. Marga Guan yang lain berasal dari masa Musim Semi dan Gugur (abad 8 SM ~ 5 SM) dari seorang pejabat bernama Yin Xi.

Ia merupakan komandan Gu Guan (pos yang menghubungkan antara satu kota dengan kota lainnya) dan jabatan seperti itu disebut sebagai Guan Ling pada masa itu.

Yin Xi ini kemudian menjadi terkenal setelah menyebarluaskan kitab Tao Te Ching yang ditulis Lao Zi dan dihadiahkan kepadanya sewaktu Lao Zi melewati pos tersebut. Keturunannya kemudian menggunakan nama jabatannya (Guan) sebagai marga.

FIGUR

Tokoh-tokoh terkenal dari marga ini adalah Guan Yu (Kuan Kong) yang merupakan jenderal terkenal dari negara Shu pada masa Tiga Negara (Samkok). Juga ada perdana menteri Guan Bo pada zaman Dinasti Tang. Sekarang ini ada olahragawati (peselancar es) tingkat dunia yang terkenal Guan Ying-shan (Michelle Kwan).

Guan Yu 關羽/关羽 : Seorang ahli perang dari zaman negara berperang [1] [2] [3] [4]
Guan Bo 關播: Perdana Mentri dimasa Dinasti Tang
Guan Yingshan 關穎珊: Peselancar es tingkat dunia asal Amerika Serikat dan lebih dikenal dengan nama Michelle Kwan

Rinto Jiang et al

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing List Budaya Tionghoa

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.